Rabu, 10 Februari 2010

Tips memilih nama bayi

Rabu, 10 Februari 2010

Memilih nama bayi merupakan hal yang menyenangkan sekaligus juga membingungkan, hal ini terutama bagi pasangan yang baru saja akan dikaruniai anak yang pertama. Memilih nama bayi memerlukan beberapa pertimbangan bagi kita dan pasangan, karena sebuah nama akan terus melekat pada anak kita selamanya.

Mungkin pernah dikatakan, apalah arti sebuah nama. Tapi nama adalah sebuah cerminan dari pribadi yang pertama kali akan dikenal oleh orang lain. Jadi ketika nama yang tersemat pada diri seorang anak adalah nama yang "baik", maka kesan yang timbul dari
nama tersebut akan memancar dari dalam diri Anak.

Nah..beberapa tips memilih nama bayi berikut mungkin berguna bagi anda pasangan yang akan dikaruniai anak. Berikut tips memilih
nama untuk bayi :

1. Pilihlah nama yang bermakna "baik". Artinya selalu pilih nama yang mempunyai makna yang baik. Jangan pilih nama yang mempunyai makna "buruk". Karena sebuah nama adalah sebuah doa.

2. Nama bayi yang unik tidak harus aneh. Artinya bolehlah kita memberikan nama yang unik terdengar untuk anak kita, tapi tidak berarti nama yang unik tersebut harus aneh dan tidak familiar. Karena hal ini akan membuat orang sulit untuk mengingat nama anak kita tersebut.

3. Simpel namun indah. Berikan nama pada buah hati anda, nama yang simpel, mudah diingat, dan tentunya berkonotasi positif.

4. Buatlah list nama-nama bayi yang anda sukai. Boleh anda meminta saran kepada sanak saudara dan kawan anda untuk memberikan sebuah nama. Namun jangan sampai anda beritahukan nama akan anda berdua pilih pada siapapun sebelum anak tersebut lahir.

5. Anda bisa membuat list nama berdasarkan kepada beberapa hal. Misalkan dari abjad, dari agama, dari bahasa, dari kebudayaan, mungkin juga dari benda-benda yang anda sukai.

6. Untuk membentuk untaian nama bayi anda juga bisa mengkreasikannya dimulai dari sebuah makna. Buatlah sebuah untaian arti dalam bahasa indonesia, contoh "warna-warna kebaikan", Kemudian anda cari arti nama tersebut dalam bahasa asing, Misal dalam bahasa arab warna-warna kebaikan bisa diartikan dalam terjemahan bahasa arab yang "bebas" Husna Alwany. Nah anda bisa berkreasi sendiri.

7. Anda juga bisa mengubah akhiran sebuah nama sehingga bisa terdengar unik. Misalkan "Laila" mejadi "Layla", atau Keila menjadi "Keyla". Itu tergantung kreativitas anda dan pasangan. Namun ingat sekali lagi, nama yang unik tidak harus aneh.

Beberapa tips memilih nama bayi diatas mungkin bisa berguna sebagai bahan pertimbangan anda untuk memberikan sebuah nama bagi buah hati anda. Tapi ingat..keputusan memberikan nama harus ada di tangan anda berdua, karena nama yang anda berikan akan tersemat pada diri anak anda selamanya. Oke selamat berkresi yaaa..!! dan selamat menanti kelahiran buah hatinya..!!


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal,

Nama gua IKAAS,
BTW gua mau tanya ni, Klo arti nama "KEYLA" ; "YOZZA" ; "ALEYKA" ini apa ya??

Thanks bro..

Unknown mengatakan...

@Ikaas, nama Keyla atau Kaitlyn, berasal dari bahasa Yunani yang berarti murni. Untuk nama yang lainnya saya belum menemukan artinya, mhon maaf..

Unknown mengatakan...

@Ikaas, kalo itu dari bahasa arab bisa berasal dari kata " 'alaika " yang artinya kepadamu (ke-atasmu). Ada beberapa orang yang menjadikan kata 'alaika menjadi Aleyka untuk memperhalus kesan.

Posting Komentar